Profil Budiman Sudjatmiko Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan: Dipecat Megawati dari PDIP

Dilansir jurnalis Tribunnews.com, Nits Hawarah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden RI Prabowo Subianto melantik Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan periode 2024-2029, pada Rabu (22/10/2024) di Istana Negara.

Badiman sendiri merupakan pendiri dan pemimpin Partai Rakyat Demokratik (PRD) pada masa Orde Baru. 

Pria kelahiran 10 Maret 1970 ini besar di tiga kota yakni Cilacap, Bogor, dan Yogyakarta. 

Budiman aktif dalam berbagai kegiatan debat. 

Ia pernah bergabung dalam struktur kepengurusan Himpunan Mahasiswa Muhammadiyah semasa kuliah di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. 

Selama kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), Badiman juga ikut serta dalam gerakan mahasiswa, namun Badiman tidak dapat menyelesaikan studinya di universitas tersebut. 

Buddyman kemudian menjadi pengorganisir komunitas yang melakukan pemberdayaan politik, organisasi, dan ekonomi di kalangan petani dan pekerja perkebunan di sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Mantan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI), Budiman menjadi publik figur saat ikut serta dalam gerakan anti Orde Baru dan divonis 13 tahun penjara.

Pada tahun 1996, Badiman mendeklarasikan PRD (Partai Demokrasi Negara) dan kemudian ditangkap oleh pemerintah Orde Baru dan dijatuhi hukuman 13 tahun penjara, dan hanya tiga tahun, karena dianggap sebagai dalang 27 Juli. Terjadi pada tahun 1996.

Di satu sisi, pada periode 2009-2019, Budiman menjabat sebagai anggota DPR RI Daerah Pemilihan Jawa Tengah VIII dari PDI Perjuangan dan duduk di Komisi II yang membidangi pemerintahan nasional, otonomi daerah, aparatur negara. dan menjadi Wakil Ketua Pansus Agraria dan Penyusunan UU Desa.

Budiman resmi diberhentikan sebagai kader partai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), usai mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. 

Surat pemberhentian tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua Umum PDI Pirjuangan Megawati Sukaranputri dan Sekjen PDIP Hastu Kristianto pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *