Akibat Jika Remehkan Sembelit: Bahaya Ini Mengintai Dirimu!

TRIBUNNEWS.COM – Sembelit (sembelit) merupakan gangguan pencernaan yang ditandai dengan keluhan mencret atau sulit buang air besar dalam jangka waktu tertentu dan disebabkan oleh penurunan fungsi usus. Sembelit menyerang semua usia, mulai dari bayi baru lahir hingga orang tua.

Menurut Roma IV (2016), konstipasi dinyatakan bila seseorang mengalami 2 gejala atau lebih, antara lain sebagai berikut:

⁃ Mengejan lebih dari 1 dari 4 buang air besar.

⁃ Konsistensi tinja lebih dari 1 dari 4 tinja.

⁃ Merasa tidak tuntas lebih dari 1 dari 4 buang air besar.

⁃ lebih dari 1 dari 4 buang air besar dengan gerakan tangan (misalnya mengeluarkan jari);

⁃ Frekuensi buang air besar kurang dari tiga kali seminggu.

Menurut webmd.com, sembelit kronis dapat menyebabkan masalah lain: misalnya wasir yang menyebabkan tinja mengeras sehingga menyebabkan pembuluh darah di sekitar anus membengkak dan teriritasi. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan pendarahan. Sembelit Kesulitan buang air besar dapat menyebabkan rasa sakit dan mual.

Cara mengatasi sembelit antara lain dengan buah/sayuran; Bisa melalui konsumsi suplemen atau obat-obatan. Pepaya merupakan buah yang banyak diketahui orang dikaitkan dengan sembelit. Pepaya mengandung enzim proteolitik dan serat yang dapat memecah protein dalam tinja dan meningkatkan hidrasi yang berdampak langsung pada pergerakan usus. Namun masih banyak orang yang kurang menyukai pepaya karena bau dan rasanya. 

Bubuk villius merupakan pengganti pepaya yang praktis untuk mengatasi sembelit dan mencegah wasir. Selain ekstrak pepaya, Villius mengandung Psyllium husk, serat alami yang meningkatkan jumlah air dalam tinja. untuk mendorong kontraksi hernia; Untuk buang air besar dengan mudah. Villius juga mengandung ekstrak daun senna yang bermanfaat untuk sembelit dan membuang racun dan makanan yang belum tercerna dari usus besar. apotek, Dapatkan Villius dengan mudah dari apotek dan pasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *