Bersinar di Hari Pertama TEI 2024, UMKM Binaan Pertamina Sepakati Tiga MoU Internasional

BERITA TRIBUN. 2024 10/09/2024). Ada tiga MoU yang berhasil dinegosiasikan, yaitu antara MSM Haluan Bali dengan pembeli asal Belanda, dan antara MSM Bawadi dengan Madu Bali dengan pembeli Malaysia.

Indonesia Trade Expo ke-39 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya, Presiden menekankan pentingnya inovasi dan adaptasi untuk mempromosikan produk Indonesia di pasar internasional, terutama dalam menghadapi tantangan perekonomian global.

“Kita sebagai negara dengan pasar yang besar, jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, 280 juta jiwa, harus bisa menjaga pasar dalam negeri, kita harus bisa menjual produk kita untuk menguasai pasar dalam negeri dan juga terus berekspansi. di luar negeri,” kata Presiden mengutip pernyataan pers, pers, dan aparat informasi Presiden. 

TEI merupakan ajang pameran produk terbesar Indonesia yang menampilkan beragam produk makanan dan minuman, pertanian, barang manufaktur, peralatan rumah tangga, dan kerajinan khas Indonesia, sehingga memfasilitasi potensi kerja sama ekspor.

Vice President Corporate Communications PT Pertamina (Persero) Fadyar Joko Santoso mengapresiasi minat pembeli terhadap UKM Pertamina. Selain itu, TEI mendapat tanggapan positif dari pembeli internasional pada hari pertama tahun 2024 mengenai potensi ekspor UKM.

“Respon positif pengunjung TEI menunjukkan bahwa produk MSM Indonesia, khususnya dengan dukungan Pertamina, mampu bersaing dan laris di pasar internasional. Ini merupakan langkah awal yang baik untuk mendorong UKM go global,” ujarnya. 

Pada acara yang dihadiri oleh pelaku usaha lebih dari 100 negara tersebut, usaha kecil dan menengah Pertamina memamerkan produk-produk kelas atas di bidang makanan, kerajinan tangan, fesyen, produk, perhiasan, dan produk ramah lingkungan. 

Pertamina, tambah Fajar, memiliki program dukungan ekspor dan pelatihan jelang TEI 2024. Hal ini mempersiapkan UKM untuk beradaptasi dengan standar internasional, mulai dari kualitas produk, kemasan, hingga strategi pemasaran digital. Beberapa UKM terlatih bahkan telah mendapatkan sertifikasi berstandar internasional, yang menjadi nilai tambah bagi peningkatan daya saing di pasar global.

TEI 2024 akan berlangsung hingga 12 Oktober 2024

“Kami berharap pada acara TEI ini, semakin banyak lagi UKM binaan Pertamina yang berkesempatan untuk berkolaborasi dengan mitra internasional,” tutup Fajar.

Pengembangan UKM merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina yang membantu UKM Indonesia maju dalam klasifikasi dan memperluas pasar ekspor untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan.

Pertamina sebagai perusahaan terdepan di bidang transisi energi siap mendukung tahun 2060. Menuju net zero emisi dengan terus mendorong proyek-proyek yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Seluruh upaya tersebut konsisten di seluruh lini bisnis dan program Environmental, Social and Governance (ESG) yang dimiliki Pertamina.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *