Indonesia Targetkan Net Zero Emission di 2060, Menteri Bahlil: Transisi Energi Sebuah Keharusan

Laporan jurnalis Tribunnews.com Denis Destrjavan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah menggalakkan transisi energi dalam upaya mencapai tujuan net-zero emisi pada tahun 2060.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengatakan, sesuai dengan amanat konstitusi energi, adaptasi terhadap energi hijau sedang dilakukan untuk melaksanakan transisi energi.

“Tanggung jawab kita sangat besar di kementerian ini, Kementerian ESDM merupakan bagian dari amanah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia khususnya Pasal 33, dan dalam konteks ini kita juga sedang mengalami perubahan transisi yang sangat luar biasa. energi hijau dan juga berbicara tentang lingkungan yang lebih baik,” kata Bahlil dalam keterangannya, dikutip Senin (14/10/2024).

Menurut Bahlil, perubahan iklim menjadi salah satu fokus pemerintah, oleh karena itu penerapan transisi energi sangat penting untuk mencapai tujuan net zero emisi pada tahun 2060.

“Dengan fokus pada perubahan iklim dan komitmen net zero emisi (NEE), kita perlu melakukan transisi energi,” kata Bahlil.

Di bidang ketenagalistrikan, PLN Indonesia Power (PLN IP) telah melakukan beberapa inovasi untuk mempercepat transisi energi guna mencapai target net-zero emisi.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan, di balik upaya percepatan transisi energi terdapat tangan-tangan terampil para insinyur IP PLN yang mampu menciptakan inovasi di industri energi.

“PLN Indonesia Power telah menciptakan beberapa inovasi untuk mengurangi emisi dari sektor ketenagalistrikan, tentunya ini merupakan hasil kegigihan para engineer kami yang terus berevolusi untuk menjawab tantangan tersebut,” kata Edwin.

Inovasi yang diciptakan para insinyur energi PLN Indonesia antara lain digitalisasi analisis online tubular boiler (DOTA), percepatan produksi energi ramah lingkungan menggunakan metode pencampuran batubara dan biomassa baru untuk mendukung transisi energi, dan inovasi terkini adalah modifikasi oil cooler (MODERATOR). untuk mencegah kebocoran oli pada trafo pembangkit PLTU Labuan PGU.

Atas inovasi tersebut, PLN Indonesia Power kembali meraih penghargaan Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kali ini, melalui insinyur-insinyur terbaiknya, IP PLN menerima Medali Kehormatan dari Menteri ESDM dalam rangka HUT pertambangan dan energi ke-79.

Insinyur kelistrikan PLN Indonesia yang menerima penghargaan tersebut adalah Agung Suharwanto, Didi Rooscote, Herowiko Thama Nurahman, Nico Dwi Kurniadi, Heru Hermawan, Shandy Helmi R, Prima Galih Pratama dan Setyawan Santoso.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *