Kerap Diabaikan, Perwatusi Ungkap Kunci Pencegahan Osteoporosis Sejak Dini

Jurnalis Tribunnevs.com Fahdi Fahlavi melaporkan 

TRIBUNNEVS.COM, JAKARTA – Persatuan Tulang Sehat Indonesia (Pervatusi) menekankan pentingnya kesehatan tulang. 

Ketua Umum Pervatusia, Anita A. Hotagaling mengatakan, masyarakat selama ini masih kurang memperhatikan kesehatan tulang. 

“Kesehatan tulang merupakan faktor penting yang sering terabaikan,” kata Anita dalam keterangan tertulis, Minggu (27/10/2024).

Hal itu diungkapkan Anita dalam acara KTT Hari Osteoporosis Nasional 2024 bertema “Satu Gerakan Perawatan Tulang Kuat di Indonesia” di Plaza Utara Gelora Bang Karno (GBK), Jakarta, Minggu (27/10/2024).

Anita mengatakan, acara tersebut diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan tulang, antara lain senam kelompok dan bincang interaktif.

Dengan adanya acara ini kami ingin mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan bersatu dalam menjaga kekuatan tulang, karena tulang yang kuat adalah kunci hidup sehat dan aktif di hari tua,” kata Anita. 

Acara tersebut diresmikan dengan Festival Senam Perotosi Osteoporosis yang dihadiri ribuan orang dari berbagai kalangan. 

Tujuan dari senam ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya senam ringan namun efektif dalam menjaga kesehatan tulang.

Apa itu osteoporosis?

Osteoporosis merupakan penyakit yang menyebabkan penurunan kepadatan tulang dan kemampuan regenerasi tulang bagian dalam, serta ketidakmampuan mengatur kandungan mineral tulang.

Kondisi ini mengawali pengeroposan tulang sehingga membuat tulang rentan patah. Namun, pengeroposan tulang ini bisa melambat dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, seringkali penderita tidak menyadari gejala osteoporosis.

Seseorang yang mengalami osteoporosis akan mudah mengalami cedera pada banyak bagian, seperti patah tulang tulang belakang. patah tulang pinggul patah patah tulang lengan pergelangan tangan. patah tulang panggul.

“Dengan rutin berolahraga, kita bisa menurunkan risiko osteoporosis sejak dini,” kata Anita Hotagaling.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *